SAYUR DAN BUAH YANG BERSERAT TINGGI

Sayur dan buah merupakan makanan penting untuk memenuhi nutrisi kesehatan untuk tubuh manusia. Nutrisi yang dihasilkan pun sangat bermanfaat untuk tubuh. Tentunya sayur dan buah mempunyai banyak serat. Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak ataupun karbohidrat biasa yang dapat dipecah oleh tubuh. Sayur dan buah yang mengandung serat tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Misalnya mencegah diabetes, melancarkan buang air besar, menurunkan berat badan, detoksifikasi, mencegah kanker, mengatasi anemia dan banyak manfaat lainnya. Maka dari itu kita harus banyak mengonsumsi sayur dan buah agar terhindar dari berbagai penyakit dan untuk menyehatkan tubuh.

 

Beberapa Jenis Sayur Dan Buah Yang Mengandung Banyak Serat

Sayur dan buah merupakan makanan penting untuk kesehatan manusia. Namun sebagian orang tidak menyukai salah satunya. Orang yang tidak mengonsumsi sayur dan buah bisa mendatangkan berbagai penyakit. Biasanya akan menjadikan orang menjadi memiliki penyakit malnutrisi. Malnutrisi adalah kekurangan atau kelebihan gizi. Tentunya ini sangat penting untuk ditangani. Terkadang sebagian orang memilih makanan yang tidak bergizi seperti makanan cepat saji, makanan yang banyak diolah, makanan yang sangat manis ataupun makanan yang banyak mengandung minyak. Ini tentunya banyak menimbulkan penyakit. Jika makanan yang tidak sehat terus menerus dikonsumsi secara rutin tentunya akan menimbulkan obesitas pada seseorang. Obesitas adalah penumpukan lemak dalam tubuh manusia secara berlebih. Maka dari itu kita harus mengurangi makanan yang tidak sehat. inilah beberapa jenis sayur dan buah yang mengandung banyak serat:

  • Brokoli

Brokoli merupakan sayur yang berwarna hijau segar yang memiliki banyak serat. Brokoli memiliki serat sebesar 2,6 gram di setiap 100 gramnya. Jumlah kalori yang dihasilkan pun hanya 35 kalori. Ini tentunya sangat berguna untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. Namun setiap orang tidak menyukai brokoli. Bagi kamu yang tidak menyukai nya, kamu bisa mengganti sayur lain atau kamu bisa memasaknya agar terbiasa makan brokoli. 

  • Wortel

Wortel adalah sayuran yang berwarna orange yang memiliki kandungan vitamin A yang berguna untuk menyehatkan mata. Tidak hanya itu wortel juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Yang mengandung serat sekitar 2,8 gram di setiap 100 gramnya. Yang menghasilkan 41 kalori, ini tentunya sangat amat rendah kalorinya. 

  • Bayam

Siapa yang tidak tahu bayam?. Bayam merupakan sayuran paling mudah yang bisa kita temukan di pekarangan rumah. Sebab bayam sangat mudah tumbuh dimana saja. Tahukah kamu setiap 100 gram bayam mengandung 2,4 gram kalori. Dan juga memiliki 23 kalori yang amat rendah. Bayam sendiri bermanfaat untuk kesehatan tulang, mencegah asma, kesehatan mata, kesehatan jantung dan tekanan darah, baik bagi penderita diabetes dan juga banyak manfaat lainnya. 

  • Buah naga

Buah yang memiliki warna merah ini digunakan untuk melancarkan pencernaan makanan dan mencegah konstipasi. Kandungan serat nya pun tidak main-main yaitu sekitar 0,7 gram per 100 gram buah naga. Selain itu buah naga juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti zat besi, magnesium, fosfor, pektin dan juga kalium. 

  • Alpukat

Tentunya orang yang sedang menurunkan berat badan tidaklah asing dengan buah ini. Karena memiliki banyak manfaat di dalamnya. Jumlah serta yang terkandung adalah 2,2 gram per 100 gramnya. Alpukat juga memiliki manfaat sebagai terapi kecantikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *